0

Kado spesial tahun baru dari Bangkutaman

Bangkutaman

Bangkutaman - Band folkrock asal Yogyakarta, bangkutaman memberikan kado spesial tahun baru buat fansnya dan buat pecinta musik Indonesia dengan merilis single secara gratis. Mengambil tajuk “Langkah Baru”, lagu ini adalah karya terbaru bangkutaman sejak mereka menelurkan album Ode Buat Kota di tahun 2010.

Lagu ini ditulis vokalis Wahyu Nugroho atau biasa dipanggil Acum, dengan musik dibuat dan dikerjakan oleh bangkutaman. Tetap bernuansa folkrock, namun di lagu ini, bangkutaman menyelipkan sedikit gaya-gaya chord powerpop 70-an ke dalamnya. "Hanya 1 mililiter aja, ‘ndak banyak. Ya, nyoba-nyoba eksplorasi," kata vokalis yang umum disapa Acum tentang lagu ini.

Lirik langkah baru sendiri lebih bercerita tentang aktivitas keseharian seseorang di tahun yang baru. Lagu ini sarat akan nuansa positif, meski di tengah-tengah situasi yang kadang ‘enggan’ untuk berubah, langkah baru seakan mengajak kita untuk mengubah kita menjadi pribadi yang baru. Pribadi orang perkotaan yang tahan banting dan pantang menyerah.

Penulisan lagu ini dibuat Acum pada suatu pagi ketika sang vokalis ini hendak berangkat menuju ke tempat pekerjaannya. "Saya tengah di kereta dan saya ingat pagi itu hangat, saya rasakan sinar matahari masuk lewat kaca jendela kereta. Saya lihat sekeliling, hari itu orang-orang nampak bersemangat sekali, terlihat dari wajahnya," ungkapnya. Gitaris J.Irwin dan dramer Dedyk Nugroho bersama kibordis Madava pun menyambut baik lagu ini dengan mencoba mengolah musiknya secara bersama-sama di studio.

Proses rekamannya sendiri dilakukan secara live overdub selama 3 hari di studio di dalam record store bernama Heyfolks! yang memang jadi basecamp dari bangkutaman.

Suara perempuan di lagu ini diisi oleh Stephanie Eka atau yang lebih dikenal dengan Sesi. Sesi sebelumnya mengisi vokal di mini album Sakit Generik milik singer-songwriter Harlan.

Semoga single “Langkah Baru” ini bisa menyuntikkan semangat baru buat pecinta musik indonesia dan masyarakat pada umumnya untuk menjalani hidup yang baru di tahun yang baru.

5.8/64votes
Voting statistics:
RatePercentageVotes
675%3
525%1
40%0
30%0
20%0
10%0
Click to share thisClick to share this